Cara Membuat Gulai Sapi Yang Lezat

Resep Gulai Sapi Nikmat. (Foto: Atik Efendy @cookpad.com)

Tentu pengunjung blog perpus resep sepakat dengan admin jika menu masakan gulai daging sapi merupakan menu masakan yang nikmat dan wajib masuk dalam daftar menu favorit kita. Karena kenikmatanya inilah Menu Gulai Sapi menjadi buruan utama para pencinta kuliner dikala Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha tiba.

Namun perlu kamu diingat karena gulai sapi ini bumbunya banyak menggunakan bumbu rempah dan santan, buat kamu-kamu yang menderita gangguan lambung seperti maag sebaiknya lebih berhati hati dalam mengkonsumsi hidangan ini. Buat kamu yang sedang bermasalah dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi sebaiknya juga berhati-hati ya, jangan sampai kenikmatan anda berakhir dengan penderitaan :D

Kembali ke topik cara membuat gulai sapi, pada dasarnya membuat gulai sapi tidaklah sesulit yang dibayangkan, namun banyak juga yang belum tau cara membuatnya. Oleh sebab itu ada baiknya kamu luangkan waktu untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Nah buat kamu yang ingin tau bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat Menu Gulai Sapi dan juga ingin tau cara-cara membuatnya, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu Gulai Daging Sapi yang nikmat dan juga langka-langkah mebuatnya;

Bahan Utama: 
500 gram daging sapi.
500 ml santan kelapa kental.
5 lembar daun jeruk purut.
2 batang serai.
2 butir cengkeh.
3 cm lengkuas diiris tebal.
5 lembar daun salam.
Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
Garam, gula, dan merica secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan: 
5 buah cabai merah.
2 cm kunyit.
5 siung bawang putih.
6 butir kemiri.
½ sdm ketumbar yang sudah sangrai.
8 siung bawang merah.
2 cm jahe.
½ sendok teh pala bubuk.
½ sendok teh jintan yang sudah disangrai.

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus daging sapi terlebih dahulu dalam 1 liter air, rebus hingga daging menjadi lebih empuk dan lebih lunak.
  2. pada saat merebus daging kamu bisa mengeceknya sesekali, setelah empuk, angkat dan sisihkan daging sapi tersebut. Jangan buang air sisa rebusan daging sapinya
  3. Selanjutnya silahkan tuangkan minyak goreng secukupnya kedalam wajan dan panaskan, kemudian tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan serai, daun jeruk, cengkih dan daun salam sambil diaduk-aduk hingga terlihat kuning kecoklatan.
  4. langkah selanjutnya masukkan sisa air rebusan daging dalam tumisan lalu tambahkan bumbu seperti garam, gula dan merica secukupnya hingga rasanya menjadi lebih pas & nikmat.
  5. Kemudian masukkan daging dan santan. Agar santan tidak pecah silahkan aduk-aduk santan secara perlahan dan masak hingga bumbu meresap dalam daging dan santan menjadi lebih kental.
  6. Setelah daging empuk dan matang cicipi lagi kuah gulainya, jika sudah dirasa pas silahkan angkat dan matikan kompor.
  7. Gulai Daging Sapi yang ada masak siap disajikan.
  8. Ambil piring saji dan tuangkan gulai daging sapi kedalamnya. Lebih nikmat jika diberikan taburan bawang goreng diatasnya sebagai penggugah selera.
So itulah Resep Gulai Sapi, semoga infomasi resep ini bisa bermanfaat buat kamu, terimakasih sudah mampir di blog Perpustakaan Resep.